MUSIK GEREJAWI (2)


Musik merupakan sesuatu yang telah membudaya dalam tradisi kebudayaan bangsa Israel. Bukti-bukti akan klaim tersebut tidak hanya terdapat dalam Alkitab melainkan pula melalui penemuan-penemuan arkelologis terkini di dataran timur tengah termasuk daerah Israel kuno. Rupanya bangsa-bangsa kuno saat itu seperti mesopotamia, mesir, dan babilonia, telah mengenal musik untuk dimanfaatkan sebagai hiburan sekaligus alat ritual keagamaan. Kemungkinan besar bangsa Israel kuno ikut dalam arus kebudayaan tersebut dan mulai memanfaatkan musik di dalam praktik peribadahan mereka.

Kitab 1 Tawarikh 25:1-31, memperlihatkan upaya Daud membagi segelintir orang keturunan Lewi untuk bertanggung jawab atas musik dalam peribadahan. Orang-orang yang ditunjuk tersebut merupakan orang-orang yang bertugas menyanyikan nyanyian di rumah TUHAN dengan diiringi ceracap, gambus dan kecapi untuk ibadah di rumah Allah (ay.6). Merujuk kepada praktik peribadahan yang demikian maka tidaklah mengherankan bila sesungguhnya musik, nyanyian, dan tarian dipahami sebagai salah satu bentuk penyembahan kepada Allah menurut praktik peribadahan Israel kuno. Kita Mazmur yang berjumlah 150 pasal itupun pada awalnya dimaksudkan sebagai kumpulan syair-syair yang dipakai dalam ritual keagamaan.

Hal lain yang menarik untuk dilihat dalam praktik peribadahan umat Israel kuno ini ialah instrumen/alat musik yang mereka pakai dalam ibadah. Herbert Lockkyer Jr dalam bukunya All the Music of The Bible mengklasifikasikan tiga jenis instrumen pada masa itu yakni alat musik yang menggunakan senar (dipertik), yang dimainkan dengan cara ditiup, dan alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul. Kecapi dan gambus adalah salah satu contoh alat musik yang menggunakan senar dan dimainkan dengan dipetik. Suling dan sangkakala adalah instrumen yang dimainkan dengan ditiup. Rebana, ceracap,gong, merupakan contoh alat musik perkusi yang dimainkan dengan dipukul. Merujuk kepada Mazmur 81:3 “Angkatlah lagu, bunyikanlah rebana, kecapi yang merdu, diiringi gambus.” dapat menjadi petunjuk bahwa bangsa Israel telah mengenal perpaduan alat-alat musik tersebut menjadi satu bentuk paduan musik yang khas. Menggunakan imajinasi kita, marilah membayangkan kira-kira jenis aransemen musik yang bagaimanakah yang dihasilkan dari permainan suling, rebana, kecapi, dan gambus? Selamat berimajinasi..

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo