Pertumbuhan Iman


Kata perempuan itu kepada Elia: "Apakah maksudmu datang ke mari, ya abdi Allah? Singgahkah engkau kepadaku untuk mengingatkan kesalahanku dan untuk menyebabkan anakku mati?" (1 Raja-raja 17:18)

Iman tidak tumbuh seketika. Butuh proses. Kadang proses pembentukannya dapat datang tak terduga. Sebagaimana yang terjadi pada janda dari Sarfat. Sekalipun ia bukan penyembah Allah Israel namun ia percaya pada perkataan Elia. Imannya mulai dibentuk ketika Elia meminta makan kepadanya padahal dia sendiri dalam keadaan sangat kekurangan (1 Raja-raja 17:8-16). Berkat yang ia peroleh dari sikap imannya adalah, tersedianya cukup makanan untuknya dan anaknya.


Belum lama sukacita itu hadir, kesedihan meliputi dirinya. Justru dalam kelimpahan makanan anak perempuan satu-satunya sakit keras sampai mati (ayat 17). Maka wajarlah jika perempuan ini menjadi sangat sedih. Kepercayaannya kepada Allah Israel mulai goncang. Sekalipun demikian, ia tetap mengikuti apa yang dikatakan Nabi Elia. Sekali lagi ia mengalami pembentukan iman dan Tuhan kembali menunjukkan kepadanya bahwa IA adalah sumber kehidupan. Tuhan menghidupkan kembali anaknya dengan perantara Elia. Imannya terus bertumbuh hingga ia dapat membuat sebuah pengakuan dihadapan Elia bahwa firman TUHAN yang diucapkan Elia adalah benar (ayat 24).


Setiap peristiwa dalam hidup kita tidak terjadi begitu saja. Tuhan memakai segala peristiwa baik itu suka maupun duka untuk membentuk dan memperkuat iman kita. Jika kita mengalami keadaan yang mendukakan atau penderitaan, mungkin kita akan bersedih dan muncul pikiran-pikiran yang kurang baik. Memang hal ini sangat manusiawi. Namun kita tidak boleh berlama-lama memelihara pikiran itu. Sebab, mungkin saja peristiwa itu menjadi bagian program Tuhan yang dirancang oleh-Nya untuk membentuk iman kita agar semakin bertumbuh dan kuat. Mari terus bertumbuh dalam iman melalui peristiwa-peristiwa hidup yang kita alami sehari-hari. Tetap semangat karena Tuhan sedang membentuk iman kita agar semakin bertumbuh besar dan kuat.


Selamat bertumbuh dalam iman ^-^

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo