top of page

“Pengampunan”


“dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;” ‭‭Matius‬ ‭6:12‬ ‭


Dalam alkitab bahasa inggris versi New International Version (NIV) terjemahan ayat 12 ini berbunyi: “Hapuskanlah utang kami, sama seperti kami menghapuskan utang semua orang yang berutang kepada kami.” Nah, bagaimana?


Secara manusia seringkali Kita sering hanya mau menerima penghapusan utang, tetapi agak kurang senang menghapuskan utang orang. Perbandingan yang sama dapat kita pakai juga soal pengampunan, dosa dan kesalahan. Kita cenderung lebih gampang meminta Tuhan mengampuni dosa dan kesalahan kita daripada kita sendiri bertindak untuk mengampuni serta memaafkan kesalahan orang lain pada kita.


Kita perlu melihatnya dalam terang kemuliaan Allah. Tuhan Yesus hendak menyadarkan kita, bahwa mengampuni orang lain bukan terutama soal kehebatan pribadi, namun yang inti adalah soal memuliakan Tuhan. Bahkan konsekuensi timbangannya agak dibalik oleh Tuhan. Biasanya, kita mengampuni karena telah diampuni. Kali ini: Kita baru layak diampuni, dihapuskan “utang” kita, bila kita terlebih dahulu mengampuni dan menghapuskan “utang” orang lain. Berat? Ya. Memang tidak ringan. Tetapi di dalam hal yang tak gampang inilah justru terletak nilai kemuliaan Allah dalam hidup manusiawi kita.


Selamat Menjalani Hari ^-^

Kategori
Recent Posts
Archive
bottom of page