Jangan Terbalik


Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." (Yakobus 4:15)


Tanpa terasa tahun 2018 dalam hitungan minggu akan segera berakhir. Waktu begitu cepat berlalu, banyak rencana-rencana yang mungkin sudah terlaksana, namun mungkin juga banyak yang belum terealisir, ada beberapa peristiwa yang mewarnai kehidupan di tahun ini baik suka maupun duka, baik berhasil maupun gagal, baik sakit maupun sehat, dll. Biasanya semuanya itu akan menjadi ajang perenungan kita untuk mulai memikirkan ke depan kita mau melakukan apa? Maka kita susunlah berbagai rencana dan program baik pribadi maupun kita sebagai bagian organisasi, yang tentu saja disertai dengan niat dan minat yang sudah kita rancang. Kita banyak melakukan pertimbangan dan perhitungan-perhitungan bahkan secara "njlimet" dengan bertumpu pada nalar logis kita. (Semua memang sangat perlu kita lakukan).


Namun ada hal wajib yang seringkali kita lakukan secara terbalik, kita meletakkan firman di atas (Yak 4:15) setelah kita berjungkir balik berpikir, menimbang dan memutuskan rencana-rencana ke depan. Kita tidak mengawalinya dengan sikap dan mentalitas yang dengan sadar dan sungguh-sungguh menempatkan dan melibatkan Tuhan di depan segala rencana yang akan kita susun. Kita sering lupa melibatkan Tuhan dari awal. Bahkan tidak jarang kita baru melibatkan Tuhan ketika menghadapi kesulitan dan masalah.

Padahal firman ini mengajarkan kepada kita untuk menempatkan Tuhan sedari awal, dengan penghayatan yang mendalam dan penuh kesadaran. Ada unsur kerendahan hati dihadapan Tuhan sebelum kita merencanakan segala sesuatu tersirat pada ayat dalam firman ini. Karena seperti yang diingatkan pada ayat berikutnya, bila Tuhan tidak di depan, maka kecongkakan manusiawi kitalah yang lebih mengemuka.


Maka mari libatkan Tuhan dalam segala rancangan dan perkara sedari awal untuk menyertai, tidak hanya dalam kita melaksanakan rencana kita namun melibatkan Tuhan dan memohon perkenan Tuhan dari awal kita akan menyusun semua rencana kita ke depan. ^-^

Mari melibatkan Tuhan sedari awal, jangan terbalik

Kategori
Recent Posts
Archive