“Nyatakan Pertobatanmu.”


“Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.” Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”” ‭‭Lukas‬ ‭23:41-42‬ ‭(baca juga Lukas 23:33-43)


Bacaan yang menjadi dasar renungan kali ini mungkin sudah sering kita baca. Kisah tentang penyaliban Yesus yang begitu menyayat hati namun sekaligus membawa inspirasi. Selain keteladanan yang ditampilkanNya dalam kisah penyaliban ini, agaknya menarik untuk dilihat adalah sikap kedua ‘penjahat’ yang disalibkan disisinya. Bila direnungkan mendalam keduanya adalah representasi manusia ketika menghadapi keberdosaan.


Orang yang disalibkan dalam perpektif pemerintah Romawi adalah orang yang telah melakukan kejahatan berat. Namun menarik untuk melihat respon kedua orang itu yang amat jauh berbeda terhadap keberadaan Kristus di samping mereka. Penjahat yang satu menghujat Yesus dan menantangNya untuk menunjukkan kuasanya (39). Sementara penjahat yang disisi lainnya justru menegor ‘rekannya’ yang menghujat itu. Ia menjelaskan kepada rekannya bahwa mereka memang layak untuk dihukum, tetapi Kristus yang disalibkan disampingnya sama sekali tidak bersalah (41). Rupanya Ia sungguh mengimani Yesus sebagai Penyelamat, pada akhirnya imannya itulah yang menyelamatkannya.


Mungkin kita pada saat ini tengah ‘tersalib’ karena keberdosaan kita. Namun seringkali bukannya mengakui dan menyatakan tobat didepan salib Kristus, kita justru menjadi semakin sombong. Merasa diri baik-baik saja atau bahkan nyaman dengan keberdosaan kita? Kalau itu yang terjadi maka sesungguhnya kita memilih untuk menjadi penjahat yang menghujat Yesus. Jikalau kita sadar bahwa kita adalah makhluk yang penuh dosa, maka datanglah padanya dan menghadap kaki salibNya. Akui keberkuasaanNya dan nyatakanlah pertobatan selayaknya penjahat di sisi lainnya yang begitu sadar akan keberdosaannya dan membawa dosa itu pada Kristus yang menyelamatkan.


Selamat MenghampiriNya ^-^

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo