top of page

Diutus untuk Meneladani Sang Gembala


I Petrus 5:1-4, Yohanes 10:11-18


Apa perbedaan antara gembala yang baik dan gembala upahan dalam Yohanes 10:11-14? Keduanya memang melakukan pekerjaan yang sama, yaitu menggembalakan domba. Namun ada perbedaan yang mendasar antara keduanya. Gembala yang baik menjaga domba-dombanya sebagai milik kepunyaannya yang berharga. Ia rela melakukan apa saja demi kebaikan domba peliharaannya. Sedangkan gembala upahan, menjaga domba-dombanya sebagai sebuah pekerjaan. Ia melakukannya demi mendapatkan upah. Ia menjaga domba-domba bukan karena ia memiliki domba-domba itu. Ia melakukannya demi upah yang ia harapkan.


Yesus adalah gembala yang baik. Ia menjaga kita karena kita adalah milik kepunyaan-Nya yang sangat berharga. IA menjaga bukan karena upah, namun karena mengasihi kita. Karena itu, IA menggembalakan dengan kerendahan hati, sabar, rela berkorban dan bersedia mengesampingkan diri sendiri. Sedangkan seorang upahan, bekerja demi upah atau imbalan, yaitu materi/uang, pujian, kehormatan, kekuasan dan kepentingan diri sendiri.


Kita adalah domba-domba Allah. Namun kita juga diutus untuk menjadi gembala bagi domba-domba Allah yang lain. Tugas perutusan ini juga ditujukan bagi kita (I Pet.5:1-4). Mari meneladani bagaimana cara Sang Gembala Agung menggembalakan kita, ketika kita melakukan tugas perutusan kita dimanapun berada.


Kategori
Recent Posts
Archive
bottom of page