Penguasaan Diri


Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. (Amsal 25:28)


Jafar adalah salah satu tokoh antagonis dalam film "Alladin" (2019). Ia adalah seorang perdana menteri kepercayaan Sultan Agrabah. Ia berambisi untuk menguasai kerajaan. Demi mencapai keinginannya, ia mencuri lampu Alladin tempat jin berada. Ia percaya jin itu dapat membuat keinginannya menjadi nyata. Namun oleh karena nafsu duniawinya, ia tidak dapat mengendalikan keinginannya sendiri. Ia meminta sebuah permintaan yang menjadikannya paling kuat namun terkurung dalam tempat yang sangat kecil. Ia hancur oleh karena tidak mampu mengendalikan diri.


Dalam Amsal 25:28 dikatakan bahwa orang yang tidak dapat mengendalikan diri, seperti tembok kota yang roboh. Tembok kota mestinya dapat berfungsi untuk menjaga keamanan kota, memberi perlindungan bagi penduduk di dalamnya. Maka tembok kota dibangun dengan kokoh dan menjulang tinggi. Namun apa jadinya jika tembok itu roboh? Tentu malapetaka yang akan terjadi.


Nasihat bijak ini mengingatkan kita betapa pentingnya pengendalian diri. Pengendalian diri atau penguasaan diri adalah salah satu buah Roh (Galatia 5:23). Ciri orang yang dipenuhi Roh adalah kemampuannya mengendalikan diri. Mari kobarkan Roh dalam diri kita dengan senantiasa belajar menguasai diri; mengendalikan keinginan atas segala sesuatu, mengendalikan perasaan, tutur kata dan segala tindakan kita. Ingatlah untuk senantiasa menjaga "kokohnya tembok kota" kita. Sebab, ketidakmampuan mengendalikan diri akan menghancurkan diri kita sendiri.


Selamat mengendalikan diri. ^-^

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo