Hidup adalah Sebuah Ujian


Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

(1 Korintus 10:13)


Syarat seorang murid dapat dinyatakan naik kelas atau lulus sekolah di jenjang tertentu adalah dengan menjalani ujian. Anak akan diberikan soal-soal yang harus dikerjakan. Jika ia dapat melalui ujian tersebut dan memperoleh nilai memenuhi syarat yang ditentukan, maka ia dapat dinyatakan naik kelas atau lulus sekolah. Ujian ini adalah suatu kemestian, yang harus dilalui oleh setiap siswa untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi.


Demikian pula bagi kita dalam menjalani hidup. Sebagai Guru yang Agung, Tuhan senantiasa menguji iman kita, agar kita dapat memasuki jenjang kedewasaan iman yang lebih matang. IA mengawasi kita terus menerus. Segala apa yang kita lakukan ibarat ujian dan Tuhan penilainya. IA melihat respons kita terhadap orang lain, bagaimana kita bersikap saat menghadapi, konflik, masalah, sakit penyakit, kekecewaan dan bahkan terhadap hal-hal kecil lainnya. IA juga melihat bagaimana sikap kita saat kita diberi-Nya kesuksesan. Akankah kita menjadi lupa diri atau bersyukur kepada-Nya.


Setiap hari adalah ujian dari Tuhan bagi kita. Marilah kita menghadapinya dengan kesadaran bahwa itu semua diperkenankan terjadi untuk pertumbuhan iman kita. Jika saat ini kita menghadapi masalah, penderitaan, atau kesulitan hidup yang lain, janganlah bersedih. Tetaplah kuat dan tabah. Pandanglah ini sebagai ujian dari Tuhan. Mari kita 'selesaikan soal ujian' itu dengan bekal 'materi' Firman Tuhan yang sudah kita dengar dan ketahui. Ingatlah, Tuhan tidak pernah memberikan 'soal ujian' yang melebihi kemampuan kita. IA akan memberikan jalan keluar dan menguatkan kita untuk menanggungnya. Mintalah kepada Tuhan kemampuan itu. Permintaan yang dinaikkan dengan kerendahan hati, tulus dan sungguh-sungguh tentu akan didengar Tuhan. Selamat bertumbuh dalam iman. 🙏


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo