Tetaplah Hormat pada Orang Tua Kita


Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

(Efesus 6:2-3)


Orang tua bisa merawat dan menghidupi 7 orang anak dengan berjuang keras, berkorban jiwa raga dan tidak pernah takut jatuh miskin dan sengsara. Namun 7 orang anak belum tentu mampu merawat dan menghidupi orang tuanya. Demikian sebuah ungkapan yang ingin menggambarkan "njomplangnya" kasih orang tua terhadap anak dengan kasih anak-anak terhadap orang tuanya yang sering terjadi terutama dimasa kini. Oleh karena berbagai alasan baik karena kesuksesan, kesibukan, tidak mau repot, dan takut hartanya berkurang, banyak anak yang kurang memiliki kepedulian kepada orang tuanya. Bahkan banyak anak yang tidak lagi hormat kepada orang tua karena berbeda pendapat atau tidak setuju dengan sikap orang tua. Mereka berani melawan, membentak, memarahi, dan menyakiti hati orang tuanya. Karena kecewa atau karena orang tuanya tidak sesuai dengan yang ia harapkan, mereka menganggap tidak penting orang tuanya.


Dekadensi nilai-nilai spiritual seperti ini tampak mulai menggejala, pun dikalangan anak-anak Tuhan. Firman hari ini kembali mengingatkan kita, bahwa perintah yang berasal dari bagian sepuluh perintah Allah ini sangatlah penting. Allah sendiri yang memerintahkan, artinya perintah ini bukan perintah main-main. Orang tua kita adalah orang yang dipercaya Tuhan untuk melahirkan, merawat dan membesarkan kita sehingga harus kita hormati. Cara menghormati orang tua dapat ditunjukkan melalui sikap peduli, "care", menghargai, tidak membuat mereka bersedih melalui laku kita yang kasar, serta berusaha membahagiakannya. Tuhan Allah berjanji, mereka yang menghormati orang tuanya akan dianugerahi bahagia.


Selamat menghormati orang tua kita, selama mereka masih ada bersama kita, Tuhan akan memberkati kita dengan kebahagiaan, janjiNya "ya" dan amin. 🙏🙏


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo