Marah!!!


“Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya.”Amsal‬ ‭29:11‬ ‭

Siapa yang tidak pernah marah? Kita semua pernah marah, jengkel, dan geram akan sesuatu dengan berbagai macam penyebabnya. Entah itu karena rekan kerja yang menjengkelkan, pasangan yang tidak pengertian, atau bahkan lalu lintas Jakarta yang sungguh ‘ajaib’. Kemarahan biasanya berefek buruk sehingga seringkali kita mati-matian menghindari bentuk emosi tersebut.


Menarik untuk melihat cuplikan Amsal pada hari ini. Menurut penulis Amsal, mereka yang bebal adalah yang melepaskan seluruh amarahnya. Dengan kata lain bisa juga diperoleh kesimpulan bahwa jika kita marah dan masih dapat mengendalikan amarah yang dikeluarkan, maka kita bukanlah orang bebal! Kebijaksanaan seseorang akan nampak ketika ia meredakan dan mengendalikan kemarahannya.


Nasehat dari kitab Amsal tersebut menunjukkan bahwa Tuhan memberi ruang bagi manusia untuk melepaskan emosinya termasuk kemarahan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana seseorang mengendalikan emosinya termasuk kemarahan. Jangan sampai pelampiasan emosi yang berlebihan akan menjadi serangan balik kepada diri kita. Kalau itu yang terjadi, maka kata kitab Amsal, kita adalah orang-orang bebal.

#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive