Menjadi Seorang Sahabat


“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.”

‭‭Amsal‬ ‭17:17‬ ‭


Kitab Amsal merupakan sebuah kita yang berisi petuah-petuah/kebijaksanaan yang sebenarnya sudah familiar saat itu. Salah satu petuah yang ingin kita renungkan bersama ialah mengenai sahabat dan persahabatan.

Budaya bangsa Israel menjunjung tinggi pola relasi persahabatan antar sesama manusia. Dalam ayat ini bahkan dikatakan seorang Sahabat akan menjadi saudara (ikatan darah) ketika seseorang dalam kesukaran. Bahkan Yesus sendiripun mengumpamakan diriNya yang selayaknya sahabat bagi manusia.


Di zaman modern ini manusia hidup semakin individualistis. Semua orang berkutat pada dirinya sendiri. Kepedulian dan kasih sayang terhadap orang lain pelan pelan mulai jarang muncul di ruang percakapan sehari-hari. Nasehat untuk menjadi sahabat yg kita baca pada hari ini sangatlah kontekstual. Kita diingatkan untuk hadir dan berelasi dengan lebih dalam dan tulus terhadap orang lain. Mulailah buka relasi pertemanan bahkan persahabatan dengan sebanyak mungkin orang, mungkin saja kita akan menghapus kesedihan dan kegundahan yang orang rasakan.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive