Taat Tanpa Syarat


Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir.

(Filipi 2:12)


Tentu kita pernah melihat atau bahkan mengamati perilaku para pengendara motor ketika terjadi operasi lalu lintas yang diselenggarakan oleh polisi. Ketika hal itu terjadi, banyak pengendara motor yang memutar balik kendaraan, atau berpura-pura berhenti di suatu tempat, atau bersembunyi di tempat yang aman. Tujuannya agar mereka tidak ditilang. Ada juga pengendara yang semula tidak mengenakan helm, kemudian mengenakannya setelah melihat polisi. Perilaku ini menunjukkan bahwa secara tidak sadar kita sering memiliki ketaatan semu. Taat hanya jika dilihat. Taat dalam situasi dan kondisi tertentu.


Paulus memberikan nasihat kepada jemaat Filipi agar mereka menjadi orang yang memiliki ketaatan yang sejati. Bukan hanya taat ketika Paulus ada di dekat mereka. Namun taat karena mereka sadar bahwa mereka adalah orang-orang yang telah diselamatkan, yang patut mengucap syukur. Ada atau tidak ada Paulus, mereka punya kesadaran untuk senantiasa menjaga sikap dengan hidup seturut kehendak Allah.


Demikian juga dengan kita. Mari kita mengerjakan keselamatan kita dengan hidup senantiasa taat kepada Tuhan. Baik saat kita berada di dalam gereja maupun saat kita berada di luar gereja. Dengan demikian, ketaatan kita adalah ketaatan yang sejati. Selamat hidup taat.🙏


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive