Terang Dunia


Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

(Yohanes 8:12)

Pernahkah Saudara memasuki gedung katedral? Pada umumnya altar katedral diletakkan di sisi timur bangunan. Jika kita duduk di kursi jemaat dan menghadap altar, kita akan melihat ada kaca timah indah di tembok. Dari kaca itu, sinar matahari menembus masuk ke dalam gedung gereja, dan menghasilkan pendaran sinar yang sangat indah. Sinar matahari itu cukup menyinari bagian dalam gedung gereja sehingga tidak lagi diperlukan lampu-lampu penerang.


Konon, interior seperti ini mengandung maksud agar umat dapat tertolong untuk mengarahkan hati kepada Allah, ketika mereka beribadah. Sinar matahari yang menembus kaca timah juga mengingatkan umat bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Terang Dunia. Tanpa Allah, maka hidup manusia berada dalam kegelapan. Tanpa Allah, kita tidak dapat melihat sekeliling kita, juga berbagai peristiwa yang muncul dengan mata yang jernih. Kita tidak dapat hidup tanpa sinar matahari. Demikian pula, kita pun tak kan dapat hidup tanpa kehadiran Allah. Sinar matahari yang menembus kaca timah, yang kita lihat di dalam gedung katedral mengundang kita untuk hidup dalam ketertundukan kepada Allah, dan dalam pengakuan bahwa Allah adalah Sumber Terang bagi kita. 🙏


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo