Jika Tak Dapat Berdoa


Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."

(Roma 8:26)


Pernahkah Saudara mendengar seseorang mengatakan bahwa ia tidak dapat berdoa? Atau mungkin, Saudara sendiri pernah merasakan hal demikian? Jika itu terjadi, jangan bersedih. Atau menertawakan orang yang tidak dapat berdoa. Karena memang doa yang benar dan sungguh-sungguh tidaklah mudah. Sebab doa bukan sekedar rangkaian kata indah berisi ungkapan syukur, permohonan, keluh kesah kepada Tuhan. Namun doa adalah hubungan yang intim, dekat dan pribadi dengan Tuhan.


Inilah yang membuat sulit bagi kita untuk berdoa. Sebab ketika kita akan memulai berdoa, banyak hal yang berseliweran dalam pikiran dan benak kita. Semua itu membuat kita sulit untuk dapat fokus kepada pribadi Tuhan. Lalu kita pun sulit untuk dapat merasakan hadirat Tuhan, apalagi untuk berkomunikasi secara intim dengan DIA. Keadaan seperti ini tidak jarang membuat kita putus asa, lalu menjadi enggan berdoa.


Sebetulnya, jika kita memang tidak mampu lagi berkata-kata untuk merangkai doa, kita tidak perlu memaksakannya. Justru karena kita tidak dapat berkata-kata, maka kita dapat memberi waktu lebih banyak untuk mendengar suara Tuhan. Diam dalam keheningan. Meski sejenak namun jika hati dan pikiran kita sungguh-sungguh tertuju kepada-Nya maka kita akan menemukan ketenangan. Sebab Roh-lah yang membantu kita untuk berdoa. Anda dapat mencobanya.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo