Berkat Dibalik Ujian


Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,

sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. (Yakobus 1:2-3)


Sebagai anak Tuhan kita diajarkan untuk bisa berbesar hati disegala situasi, bukan hanya dalam berkat tapi juga saat dihadapkan pada ujian hidup, sebab melalui ujian-ujian tersebut iman kita semakin dimantapkan dan kitapun beroleh berkat yang telah Tuhan persiapkan. Setiap ujian yang ada seolah-olah tampak menyakitkan pada permulaannya, tetapi Yakobus justru memperhitungkan hal itu sebagai suatu kebahagiaan.

Mungkin kita bertanya-tanya dalam hati : "mengapa kita bahagia dan beranggapan bahwa permasalahan yang ada itu sebagai berkat dan apa faedahnya bagi kita orang beriman sehingga Tuhan ijinkan itu semua terjadi ?"

Mari bersama-sama kita merenungkannya :

1. Melalui ujian-ujian, Tuhan mengizinkan karakter kita diperhalus dan semakin mengarahkan hati kita kepada Tuhan dalam doa, sehingga mata rohani kita dapat melihat kebaikan dibalik ujian, dan kitapun semakin dibawa kepada rencana-Nya. 2. Ujian-ujian yang kita alami juga dapat membimbing kita untuk lebih bersandar kepada Tuhan dan semakin berpegang teguh kepada janji-janji Firman-Nya. 3. Mengerti kehendak Tuhan, jika tangan Tuhan sendiri yang menjadikan kita dan membentuk kita, mungkinkah Dia punya maksud jahat dibalik ujian ? 4. Karena kita diakuinya sebagai anak-anak-Nya, maka jika saat ini Tuhan menghajar kita melalui setiap permasalahan bukan berarti Dia tidak mengasihi kita dan hendak menghancurkan hidup kita, sebaliknya Tuhan menyadarkan kita bahwa kita adalah anak-anak yang dikasihi-Nya. Tuhan ingin kita berbalik dari pelanggaran-pelanggaran kita.

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Marilah kita yakin dan percaya bahwa Tuhan Yesus menyertai setiap langkah kita. 🙏


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo