Sang Terang Dunia


“Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

‭‭Yohanes‬ ‭8:12‬ ‭

Banyak orang tidak nyaman dengan kegelapan. Ada perasaan terancam atau mungkin juga takut ketika berada dalam kegelapan. Oleh sebab itu semenjak dahulu kala, manusia berusaha menciptakan penerang untuk melawan kegelapan.


Dalam kebudayaan-kebudayaan dunia terang dan gelap sering dipakai sebagai metafora untuk menjelaskan mengenai kebaikan dan kejahatan. Penggambaran itu juga dipakai oleh Tuhan Yesus dalam menjelaskan keberadaan diriNya. Ia adalah terang yang membebaskan dunia dari kegelapan. Ia adalah cahaya kebaikan yang menerangi semesta.


Menariknya manusia diundang untuk berpartisipasi dalam terangNya. Barangsiapa menerima Tuhan dalam hidupnya maka sesungguhnya kehidupannya bebas dari kegelapan. Watak keberdosaan manusia seringkali membuat kita terus bersembunyi dalam dosa. Seolah-olah kita tengah berdiam dalam kegelapan. Kehadiran Kristus menjadi terang yang melenyapkan dosa-dosa itu. Maka dalam minggu-minggu adven ini sambutlah dengan sukacita Sang Terang sejati itu. Jangan lagi bersembunyi dalam kegelapan.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo