Gunakan Kesempatan


Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.

(Kolose 4:5)

Setiap kesempatan, tidak akan datang dua kali. Jika kita menjalani hidup dengan kurang cermat dan tidak menggunakan setiap kesempatan dengan baik, maka penyesalan dikemudian hari akan terjadi pada kita. Firman Tuhan hari ini mendorong kita untuk menggunakan setiap kesempatan dengan sebaik-baiknya.


Caranya? Jalani hidup secara bertanggung jawab, dan melibatkan hikmat Allah dalam setiap peristiwa. Sadarilah bahwa Tuhan dapat menggunakan setiap kesempatan untuk menyapa dan membentuk kita. Mungkin melalui interaksi kita dengan orang lain dalam hidup sehari-hari, peristiwa-peristiwa kecil yang kelihatannya remeh. Allah sanggup bekerja dalam hidup setiap orang yang berhubungan dengan kita, mulai dari keluarga, rekan-rekan kerja, rekan sepelayanan, hingga tukang sayur di kompleks tempat kita tinggal.


Setiap interaksi itu menjadi kesempatan bagi kita untuk menjalani hidup lebih bermakna—justru melalui cara-cara yang nampak sederhana dan kelihatannya “sepele”, seperti mengerjakan pekerjaan rumah, menanyakan kabar pelayan restoran yang melayani kita, atau memberikan kursi kita kepada nenek sesama penumpang angkutan umum. Gunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya, itulah cara kita bertanggung jawab atas hidup yang dipercayakan Tuhan bagi kita. Selamat berkarya.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive