Ajar Aku melakukan KehendakMu!


Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!

‭‭(Mazmur‬ ‭143:10‬)‭‬ ‭


Kisah kehidupan Raja Daud selalu menarik untuk direfleksikan. Naik dan turun peristiwa di kehidupannya seolah-olah menjadi sebuah kisah yang sama dengan yang kita alami tiap harinya. Mazmur yang kita refleksikan hari ini pun termasuk di dalamnya.


Daud pernah berada pada titik menjadi seorang buronan kerajaan yang menghindari Saul dan musuh-musuhnya. Di tengah pelarian itulah ia merasakan bahwa satu-satunya pertolongan hanyalah dari Tuhan saja. Maka lahirlah seruan pertolongan terhadap Tuhan yang begitu jujur sebagaimana disaksikan dalam Mazmur 143. Menariknya seruan itu diimbangi dengan seruan permintaan agar Tuhan menuntunnya melakukan kehendak Tuhan..


Hal yang dapat dipelajari dari perikop diatas ialah bahwa terkadang ketika kita menghadapi masalah seringkali kita hanya berfokus pada pergumulan yang kita hadapi. Sibuk meminta tolong kepada Tuhan tapi lupa menyadari bahwa kitapun harus tunduk kepada kehendak dan ketetapanNya. Maka mintalah kepada Tuhan untuk juga memampukan kita melakukan kehendakNya setiap saat.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive