Dualisme


Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir.

(‭‭Amos‬ ‭5:24‬)


Nabi Amos hidup dalam situasi bangsa yang mengalami kemerosotan luar biasa. Bangsa Israel hidup dalam dualisme. Di satu sisi mereka mengagung-agungkan segala perayaan, korban, dan ibadah kepada Tuhan namun disisi yang lain terjadi ketidakadilan serta kejahatan dimana-mana. Bahkan bangsa ini pun menduakan hati Tuhan dan menyembah berhala.


Allah tidak tinggal diam melihat situasi tersebut dan berfirman melalui Amos. Ia menegur bangsa itu dan berkata bahwa sesungguhnya keadilan, kesetiaan, dan kebenaranlah yang Allah kehendaki. Ibadah dan segala bentuk ritual yang dipersembahkan kepada Allah bukannya tidak penting namun semuanya menjadi tidak berarti ketika kejahatan serta ketidakadilan tetap menjadi tingkah laku sehari-hari.


Mari kita merenung bersama-sama, jangan-jangan dualisme yang dialami bangsa Israel juga terjadi pada kita di saat ini? Maka dari itu ingatlah bahwa mengasihi Allah melalui segala bentuk ibadah serta ritual merupakan hal yang penting, namun Allah juga menginginkan agar kita melakukan kebaikan serta keadilan dimanapun kita berada.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo