Tetap Beriman


Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu, kepada-Nya haruslah engkau beribadah dan berpaut, dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.

(Ulangan 10:20)

Ayat ini disampaikan dihadapan umat Israel yang sebentar lagi memasuki kota Kanaan. Mereka akan berpisah dengan Musa. Sebelum berpisah, Musa memberikan nasihat kepada umat agar mereka dapat menjaga hidup dalam relasi yang baik dengan Allah dan sesama. Musa tahu bahwa tantangan yang akan dihadapi oleh umat cukup kompleks. Mereka akan hidup dalam lingkungan masyarakat yang menyembah banyak ilah (politheisme). Mereka juga diperhadapkan dengan berbagai macam kemudahan dan kenikmatan yang dapat membuat mereka terlena, lalu lupa dari mana asal mereka. Untuk itu, Musa mengingatkan agar mereka senantiasa takut akan Tuhan.

'Takut akan Tuhan', berarti memiliki rasa hormat di dalam kasih kepada Tuhan. Alkitab Bahasa Jawa menggunakan frasa wedi asih untuk mengungkapkan hal ini. Seseorang yang hidup dalam rasa 'takut akan Tuhan', tentu akan menjaga sikap hidupnya dengan baik. Firman Tuhanlah yang menjadi tuntunannya. Orientasi hidupnya adalah untuk Tuhan. Ia akan berusaha agar tetap dapat hidup di dalam takut akan Tuhan, apapun yang terjadi dan dihadapi.

Marilah kita tetap menjaga sikap hidup kita di dalam roh takut akan Tuhan, baik dalam suka maupun duka.

#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo