Buang Kesombongan


Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri.

(Amsal 27:2)

Secara naluriah, setiap orang senang menerima pujian. Bahkan kadang, kita tergoda untuk bertindak atau melakukan sesuatu agar dipuji orang. Kadang pula, jika tidak ada yang memuji kita, kita pun tergoda untuk menceritakan kebaikan-kebaikan kita. Entah itu jasa-jasa kita atas orang lain, bagaimana orang menghormati kita, keberhasilan kita dalam mengerjakan pelayanan di gereja, kesuksesan dalam pekerjaan, atau prestasi anak cucu kita. Sering kita terjebak menceritakan itu semua untuk memperoleh penegasan atas keberhasilan, kebaikan, dan kehebatan kita.


Namun, sikap yang demikian bukanlah sikap yang mencerminkan hikmat Tuhan. Amsal 27:2 mengingatkan agar kita tidak memuji diri sendiri, namun biarlah orang lain yang melihat dan menilai kita. Bukan mulut kita yang mengeluarkan pujian untuk diri sendiri.


Marilah kita semakin mengembangkan sikap rendah hati, dan mengurangi sikap tinggi hati. Cara termudah adalah menghindari untuk menceritakan tentang diri sendiri saat kita bersama orang lain, lebih banyak mendengar daripada menghabiskan waktu untuk bercerita tentang diri kita sendiri saat kita bersama orang lain.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo