CARA TUHAN MENJAWAB DOA


Kita sering berdoa dan merasa Tuhan tidak mendengar doa kita atau tidak menjawabnya. Mungkin kita sekedar menaikkan doa-doa kita terus dan tidak berusaha mencermati bagaimana Tuhan menjawabnya. Cara Tuhan menjawab ternyata sering jauh berbeda dengan yang kita inginkan dalam doa kita.


Seorang yang saleh berdoa kepada Tuhan. Ia berharap Tuhan menjawab doa-doanya yang indah, yang ia pikirkan sungguh-sungguh untuk dimintanya. sehingga ia mendapatkan apa yang dimohonnya di dalam setiap doanya. Namun ketika Tuhan meneliti doa-doa itu ada banyak permohonan yang kurang tepat. Ketika Tuhan mulai menjawab doa-doanya dengan cara Tuhan, ia sungguh “tersengal-sengal” karena ternyata Tuhan memilihkan padanya jalan lain. Namun akhirnya ia dapat belajar mengerti jalan Tuhan yang berbeda dengan jalannya.


Suatu hari ia berdoa : “Tuhan singkirkanlah semua penderitaan dari jalan hidupku”. Tetapi Tuhan menjawab :”Tidak anakku, itu tidak akan begitu saja kusingkirkan, tapi agar kau memiliki kesabaran, ketekunan dan ketangguhan. Dan dengan itu, engkau dapat mengalahkannya. Lagi pula bila kau mampu melihat dengan mata iman yang jernih, penderitaan itu malah membawa engkau lebih dekat kepadaKu”


“Aku mohon Engkau menyembuhkan cacat tubuhku, ya Tuhan.” Dan Tuhan menjawab: “biarlah engkau menghayati betapa dalam cacat tubuh-pun, seorang dapat memiliki kesederhanaan dan kesempurnaan jiwa.”


“Anugerahkanlah kesabaran kepadaku ya Tuhan”. “Ya, tetapi akan Ku -anugerahkan kesabaran itu bukan secara instan, tetapi sebagai buah dari pengalaman panjang dalam perjuanganmu menghadapi kesulitan”.


Tuhan, aku mohon tumbuhkan rohku menjadi seperti pohon yang bertumbuh kuat dan besar”. Dan Tuhan menjawab :”Tidak, kau harus memanfaatkan berkatKu, dan dengan upaya yang sungguh engkau harus bertumbuh dalam dirimu. Bahkan kadang-kadang aku akan memangkas ranting-rantingmu yang buruk, justru supaya engkau berbuah lebat”.


Tuhan, berikan aku segala sesuatu yang membuatku menikmati kehidupan ini”. Dan Tuhan menjawab :”Tidak nak, Aku akan memberimu hidup dengan segala alatnya, sehingga melalui kerja keras dan perjuanganmu, engkau dapat menikmati segala sesuatu”.


“Aku mohon Engkau menolongku untuk dapat mengasihi orang lain, seperti Yesus telah mengasihi aku”. Dan Tuhan menjawab : “Yah, akhirnya kau mengerti apa yang baik yang mesti kau minta dalam doamu. Hari ini adalah milikmu, majulah terus, Aku memberkatimu. Kau mungkin hanya seseorang. Tetapi dunia memerlukan orang-orang sepertimu.” (seri HDS).

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo