Prioritas


Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." (Matius 12:12)


Orang Yahudi menjalani hidup keagamaan mereka dengan sangat taat pada aturan Taurat. Terdapat 613 perintah yang mereka cermati dan patuhi sungguh, meski seringkali dalam pelaksanaannya menimbulkan pertentangan, misalnya adalah larangan untuk bekerja pada hari Sabat. Segala pekerjaan yang dipandang mengeluarkan energi dari dalam tubuh, segala aktivitas yang berat dipandang sebagai sebuah pekerjaan, termasuk menyembuhkan orang dari sakit.


Ketika Yesus berada di rumah ibadat, dan ada orang yang mati sebelah tangannya, orang banyak mencobai Yesus dengan pertanyaan, "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Pertanyaan ini mengandung jebakan. Menyembuhkan adalah perbuatan kasih yang menjadi keutamaan Yesus, tetapi tindakan itu dipandang sebagai sebuah pekerjaan. Maka ada pertentangan di sana. Lalu, mana yang harus diprioritaskan? Menyembuhkan (kasih) atau taat pada hukum Sabat? Jawaban Yesus menunjukkan bahwa kasihlah yang harus diprioritaskan. IA memilih untuk menyembuhkan orang yang mati sebelah tangannya. Yesus bertindak di atas dasar yang kuat. IA fokus pada misi, pada tujuan utama hidup-Nya, sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh orang lain.


Demikian pula dalam menjalani hidup kita. Bagaimana cara kita menilai orang lain, cara kita memandang suatu peristiwa, cara kita mengambil keputusan, dan bertindak, menunjukkan apa yang menjadi prioritas kita. Prioritas Yesus adalah kasih, kebaikan bagi semua orang, maka itulah yang menuntun-Nya melakukan segala tindakan. Dalam situasi apapun, segenting apa pun, fokus itulah yang tetap dijaga oleh Yesus. Bagaimanakah dengan kita? Apa yang menjadi fokus kita dalam memandang segala sesuatu? Apa yang menjadi dasar dalam kita menentukan prioritas hidup kita, dalam kita bertindak, dan bersikap pada orang lain? Semoga, dan semestinya kita pun memiliki prioritas yang sama seperti Yesus; kasih, kebaikan bagi semua. Tuhan memberkati. 🙏


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo