Doa Bagi Bangsa


Ya, datanglah kiranya dari Sion keselamatan bagi Israel! Apabila Allah memulihkan keadaan umat-Nya, maka Yakub akan bersorak-sorak, Israel akan bersukacita. (‭‭Mazmur‬ 53:7)


Jika saudara melihat berita dan mengetahui pergumulan yang dihadapi bangsa ini, apa yang saudara lakukan? Berdoa? Kalau itu yang kita lakukan berarti senada dengan pemazmur pada perikop hari ini.


Doa yang kita panjatkan bisa jadi senada dengan syair doa yang dipanjatkan pemazmur pada perikop kali ini. Pemazmur prihatin terhadap kondisi bangsaNya. Ia memohon kepada Allah untuk mengamati Israel dari Sorga (3). Allah melihat begitu banyak kejahatan dilakukan oleh umat manusia. Mereka telah menyimpang dari jalan yang telah ditetapkan oleh Allah bahkan seolah-olah tidak ada lagi orang yang berbuat baik (4).


Namun bagi pemazmur, kondisi tersebut bukanlah akhir dari segala sesuatu. Allah mulai bertindak memulihkan bangsa Israel. Bagi orang-orang yang melakukan kekejian di mata Allah, mereka akan merasa gentar dengan penghakiman yang akan menimpa mereka (6). Campur tangan Tuhan pada akhirnya mendatangkan pemulihan besar bagi bangsa Israel (7).


Pada akhirnya Allah tidak akan membiarkan umatNya hancur dan dibinasakan oleh kejahatan. Untuk itu tetaplah berharap akan pemulihan Allah yang begitu dahsyat. Sebagaimana pemazmur tetap berdoa dan berharap pada Allah meski kondisi bangsanya terlihat sudah tanpa harapan lagi.

Sekarang penting bagi kita untuk memiliki pengharapan yang sama dengan pemazmur. Allah pasti akan memulihkan keadaan bangsa Indonesia. Kita bisa turut berpartisipasi dalam proses pemulihan itu dengan tak jemu-jemu mendoakan pemulihan bangsa ini kepada Tuhan. Doa akan menggerakkan sikap hidup kita untuk juga melakukan tindakan-tindakan nyata sebagai wujud kepedulian kita atas bangsa ini.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo