Bertanggung Jawab


Sahutnya kepada mereka: "Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kamu lagi. Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu."

Yunus 1:12


Mengakui salah, bertanggung jawab atas kesalahan pada kenyataannya bukan hal yang mudah dilakukan setiap orang. Banyak orang yang lebih suka menyalahkan orang lain, dan membela diri dibanding secara pribadi bertanggung jawab mengakui kesalahan dan kelemahan dirinya. Namun Yunus memberi teladan yang luar biasa. Menyadari bahwa angin ribut dan badai besar yang menerjang kapalnya karena sikapnya yang menyimpang dari perintah Allah, maka ia segera sadar dan mengambil sikap. Dialah penyebabnya, oleh karena itu ia minta supaya dicampakkan ke dalam laut. Ia tunjukkan tanggung jawabnya meski resiko bertaruh nyawa.


Bertanggung jawab atas kesalahan seringkali sulit dilakukan karena ketidak siapan menghadapi resiko penolakan lingkungan kita, sehingga kita lebih memilih untuk menghindarinya. Namun sejatinya sebagai anak-anak Tuhan mengakui kesalahan dan bertanggung atasnya dengan kesadaran dan segala kerendahan hati itu jauh lebih akan dapat meredakan "badai" dan seperti Yunus yang akhirnya tetap dalam rengkuhan Tuhan, iapun dipulihkan. Mari jangan takut kalau kita memang telah melakukan kesalahan, mari kita perbaiki dengan penuh tanggung jawab, maka Tuhan pasti akan pulihkan seperti Ia memulihkan Yunus.


#TimVitji GKJJoglo#

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo