ANDALAH MALAIKATNYA


Banyak orang Kristen sebenarnya memendam pertanyaan : Mengapa dulu malaikat sering muncul, sementara sekarang tidak? Kita sering membaca Alkitab dan menemukan bahwa berkali-kali mereka menemui Abraham, Yakub, Hakim-Hakim, Nabi-nabi, Zacharia, Yusuf-Maria, dsb. Sekarang rupanya mereka tidak pernah menampakkan diri lagi. Apakah Tuhan sudah tidak berkenan menyatakan lagi kemuliaan dan kehendakNya kepada manusia?


Memang kata malak dalam bahasa Ibrani sebenarnya berarti utusan atau pembawa berita. Bila kita membaca Alkitab dan bertermu dengan kehadiran malaikat, maka pasti kita sedang berhadapan dengan kemuliaan dan kehendak Allah yang hendak dinyatakan. Melalui kehadirannya, pandangan kita melampaui dunia yang kelihatan dan dibawa kepada kemuliaan dan kehadiran Allah yang melampaui batas-batas ciptaan. Bila para malaikat itu hadir, kita harus memasang mata dan telinga rohani, sebab pastilah ada yang mesti kita lihat dan kita dengar dari mereka sebagai utusan dan pembawa berita Allah.


Dari jaman ke jaman, melalui kehadiran-kehadiran malaikat itu Tuhan sudah berulang kali menyatakan kemuliaan dan kehendakNya kepada umat. Tetapi mengapa sekarang mereka tidak tampil lagi? Setidaknya ada dua hal.


Pertama, kehendak dan firman Allah sudah cukup disampaikan kepada manusia. Bahkan pada jaman akhir ini Allah telah sedemikian dekat dengan datang sendiri secara pribadi kepada manusia dalam Yesus Kristus. Firman Allah juga sedemikian dekat berada di antara kita. Alkitab dapat kita baca kapan saja kita mau. Bahkan Ia menyertai orang percaya dalam Roh Kudus.


Kedua, karena pada jaman akhir, tugas malaikat sebagai pembawa berita Allah telah dialihkan kepada gereja dan orang percaya. Sekarang ini gereja dan orang percayalah yang bertugas menjadi pembawa berita Allah dan saksi dari perbuatanNya yang besar. Mereka bertugas memberitakan dan mewujudkan kasih Allah yang terlahir dalam Yesus Kristus.


Kembali kepada pertanyaan : mengapa kini malaikat jarang muncul, dan dengan pengertian bahwa tugas-tugas malaikat untuk menyatakan kemuliaan dan kehendak Allah itu telah diserahkan kepada gereja dan orang percaya, maka yang menjawab haruslah kita sendiri. Mengapa mereka jarang melakukan fungsi pewartaan dan pemberitaan? Mengapa kemuliaan Alah jarang diberitakan? Penjawabnya, pelakunya,justru penanyanya. Jadi mengapa banyak malaikat tidak muncul?Mungkin para malaikat itu sedang sibuk. Atau enggan melakukan tugasnya? Boleh jadi.

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo