Bertahan dalam Pencobaan


Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

(Yakobus‬ ‭1:12‬‬)


Apakah makna pencobaan dalam Yakobus 1:12? Pencobaan memang sering diasosiasikan dengan penggodaan ataupun ujian. Dalam bahasa aslinya pun kata yang dipakai merujuk kepada kedua definisi tersebut. Bila dilihat dalam konteksnya rupanya pencobaan itu mewujud dalam kesukaran serta tantangan kehidupan yang dihadapi oleh jemaat pada saat itu.


Dalam pemahaman surat Yakobus, pencobaan yang datang adalah bagian dari perjuangan iman orang percaya selama menempuh kehidupan di dunia. Bertahan dan berjuang menghadapi kesukaran hidup adalah bagian dari aktualisasi iman kepada Allah. Justru di saat itulah kita akan merasakan betapa Tuhan dekat dan menyertai kita senantiasa.


Maka dari itu marilah kita bertahan dan berjuang menghadapi segenap tantangan serta kesukaran hidup yang menerpa kehidupan ini. Mungkin dalam perjuangan itu kita akan merasa lelah namun jangan pernah menyerah dan berputus Allah. Ingatlah akan kasih dan janji-Nya kepada kita.


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts