“Digerakkan oleh Karya-Nya”


Yohanes 1:35-51


Menarik untuk kita perhatikan, bacaan di dalam perikop Yohanes 1:35-51. Perikop ini bertutur tentang bagaimana Yesus mendapatkan murid-murid pertama-Nya. Melalui bacaan tersebut, kita mengetahui bahwa cara Yesus memanggil setiap orang untuk menjadi murid-Nya berbeda-beda.


Andreas dan Simon memutuskan untuk mengikut dan menyerahkan hidup mereka bagi Yesus karena mereka percaya, bahwa Yesus adalah Mesias. Filipus mengikut Yesus, karena Yesus sendiri yang mengundangnya. Filipus menerima undangan itu, karena ia percaya bahwa Yesus adalah Mesias. Sedangkan Nathanael, ia mengikuti Yesus karena ajakan Filipus. Itupun didasarkan dari keraguannya pada Yesus. Namun, karena ia ingin memperoleh jawaban atas keraguannya itu, akhirnya ia sampai pada pengakuan bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Sekalipun Andreas dan Simon, Filipus, serta Nathanael memiliki cara yang berbeda-beda dalam memutuskan untuk mengikut Yesus, namun semuanya digerakkan oleh iman mereka kepada Yesus. Apa yang telah dilakukan Yesus, segala karya-Nya, yang mereka lihat, dengar, dan saksikan sendiri menumbuhkan rasa percaya dan menggerakkan mereka untuk mengikuti Yesus. Keputusan tersebut adalah keputusan yang sangat pribadi, berdasarkan pengalaman khas mereka masing-masing.

Demikian pula setiap kita juga memiliki cara yang khas, yang berbeda satu sama lain, ketika kita memberi diri untuk mengikut Tuhan dan digerakkan oleh-Nya. Kiranya kita selalu diingatkan akan karyaNya sehingga memampukan kita untuk mewujudkan pengakuan serta penghayatan atas karya Tuhan tersebut dalam hidup ini.

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo