Dokumen Keesaan: Pemahaman Bersama Iman Kristen (PBIK) & PPA GKJ (11)


Bagian akhir PBIK membahas mengenai Alkitab dan posisinya dalam penghayatan iman umat Kristen. Terlebih dahulu di Bab VII no. 28 dijelaskan mengenai Alkitab yang terdiri dari Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru merupakan kesaksian yang menyeluruh mengenai Allah yang menyatakan diri, kehendak dan karya penciptaan, pemeliharaan dan penyelamatan-Nya kepada manusia, dan juga mengenai jawaban manusia terhadap-Nya. Kesaksian yang menyeluruh ini berpusat pada Yesus Kristus ”Firman yang menjadi manusia” (Yoh. 1:14). Dengan demikian pemahaman mengenai isi Alkitab termasuk pemahaman atas bagian-bagiannya harus selalu dilihat sebagai satu kesatuan.


Kesaksian itu telah terjadi dengan kuasa dan bimbingan Allah sendiri melalui Roh Kudus yang menyertai dan mengilhami para penulis Alkitab (2 Ptr. 1:21; 2 Tim. 3:16). Kesaksian itu telah menggunakan bentuk-bentuk dan unsur-unsur kemanusiaan dan kebudayaan pada lingkup sejarah tertentu, sehingga menampakkan adanya ke- terbatasan-keterbatasan tertentu; namun, kebenaran kesaksian Alki- tab tersebut melampaui batas-batas ruang dan waktu. Oleh karena itu Alkitab adalah Firman. Sebagai Firman Allah, Alkitab mempunyai kewibawaan tertinggi, dan menjadi ”pelita pada kaki dan terang pada jalan” orang-orang percaya (Mzm. 119:105) serta menjadi ddasar dan pedoman bagi perbuatan dan kehidupan orang beriman (2 Tim. 3:16-17).


Oleh karena itu orang- orang percaya baik pribadi maupun bersama-sama harus membacanya, merenungkannya siang-malam (Mzm. 1), berusaha de- ngan sungguh-sungguh untuk memahami, menghayati dan melaksa- nakannya dengan benar dalam iman dan ketaatan kepada Allah dalam Kristus. Jadi Alkitab itu bukanlah ajimat atau kitab ramalan. Sebagaimana Roh Kudus telah menyertai dan membimbing para pe- nulis Alkitab, serta memimpin manusia untuk percaya kepada Yesus Kristus, maka pemahaman yang benar mengenai isi Alkitab serta penghayatan dan pelaksanaannya di dalam kehidupan sehari-hari juga hanya akan terjadi atas bimbingan Roh Kudus (1 Kor. 12:3; Yoh. 16:15; 2 Ptr. 1:20-21).

Kategori
Recent Posts
Archive