Hal Menghakimi


Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

(Matius 7:1-2)


Terkadang sebagai manusia kita sangat mudah menghakimi sesama kita. Kita menilai seseorang hanya berdasarkan pandangan sepihak atau bahkan isu yang tengah berkembang tentangnya. Lama-lama tindakan tersebut berubah menjadi pergunjingan yang menyudutkan orang yang kita pandang bersalah.Bahkan saat ini dengan adanya media sosial, semakin bertambah sarana kita untuk menghakimi orang lain.


Pada hari ini kita dingatkan oleh firman Tuhan untuk tidak menghakimi sesama kita dengan begitu mudahnya. Paling tidak janganlah tergesa-gesa untuk menghakimi. Yesus berkata: “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.” Penghakiman tertentu yang kita pakai untuk menghakimi orang lain jangan-jangan suatu saat bisa berbalik kepada kita.


Tidak menghakimi bukan berarti kita tidak boleh menegur atau mengingatkan sesama. Menghakimi adalah soal tidak mengonfirmasi suatu berita yang kita dengar tentang seseorang, menilai fakta berdasarkan satu sisi saja. Penilaian akan fakta yang terjadi memang berat tapi itulah yang paling bijaksana untuk dilakukan.


Maka berhati-hatilah dalam memandang dan menilai perbuatan seseorang, dan yang terpenting kasihilah semua orang maka kita akan terhindar dari tindakan menghakimi orang lain.


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo