Penguasaan Diri


Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

(Amsal 16:32)


Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa penguasaan diri adalah hal yang sangat berharga. Nilainya melebihi seorang pahlawan dan manfaatnya jauh melebihi kemampuan seseorang menaklukkan kota. Dalam Alkitab Bahasa Indonesia Masa Kini dituliskan, "Tidak cepat marah lebih baik daripada mempunyai kuasa; menguasai diri lebih baik daripada menaklukkan kota."


Ayat ini mengungkapkan betapa pentingnya memiliki kemampuan untuk menguasai diri. Penguasaan diri merupakan salah satu buah roh yang dituliskan dalam Galatia 5:23. Sekalipun penguasaan diri ditulis terakhir di antara delapan buah roh yang lain (kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan), penguasaan diri menjadi buah roh yang sangat penting untuk kita miliki. Kemampuan mengendalikan diri menghasilkan 8 buah roh yang lain. Kesembilan buah roh itu saling bertautan erat, menjadi suatu penanda hidup yang dikuasai oleh Roh.


Mari kita belajar untuk dapat memiliki penguasaan diri. Mari memulainya dari hal-hal yang sederhana dalam hidup sehari-hari.


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo