Perkuat Imunitas melalui Hati Yang Gembira


Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Amsal 17:22


Alkitab sudah ribuan tahun yang silam menuliskan tentang konsep hati yang gembira adalah obat. Dan di era kini kemajuan dunia medis dan biopsikologi membuktikan kegembiraan/kebahagiaan akan merangsang munculnya hormon endorphin yang terbukti akan meningkatkan imunitas tubuh seseorang dari serangan penyakit. Sebaliknya, kesedihan yang berlarut-larut, kecemasan, stress, pikiran negatif yang terus menerus akan memicu hormon-hormon seperti noradrenalin, adrenalin, kortisol secara berlebihan yang akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan termasuk terkait dengan imunitas tubuh.


Dalam situasi seperti sekarang ini, imunitas tubuh menjadi sesuatu yang berharga sangat mahal, ditengah ancaman virus covid19 yang sangat dekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun Tuhan telah menganugerahkan sarana di dalam diri setiap orang untuk berupaya sehat, dengan mengelola hati secara positif melalui hati yang gembira/bahagia/bersemangat. Sementara semangat yang patah, putus asa, kesedihan yang berlarut-larut akan melemahkan tubuh dan menurunkan imunitas kita.


Mari tata dan kelola hati secara positif untuk bahagia, dengan mensyukuri berbagai berkat dan anugerahNya, membangun pikiran yang positif serta semangat yang tidak boleh padam, karena itu obat yang manjur, seperti firman hari ini.


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo