Pertolongan Yang Ditangguhkan


Tetapi, ingatlah apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.

Kejadian 40:14


Mengalami peristiwa yang menyedihkan dan tertekan hidup dalam penjara membuat Yusuf sangat menaruh harapan kepada juru minuman raja ketika ia telah merasa berjasa menolong mengartikan mimpi sang juru minum. Ia memiliki harapan besar orang yang telah ia tolong tidak akan melupakan jasanya dan balik akan menolongnya. Namun tidak demikian yang terjadi, sang juru minum raja melupakannya. Tuhan punya rencana lain. Tuhan tidak ingin Yusuf berharap pada manusia sehingga pertolonganNya Tuhan tangguhkan. Yusuf dilatih untuk meletakkan segala pengharapan hanya kepada Tuhan.


Kesesakan hidup seringkali juga membuat kita tidak sabar dan ingin sesegera mungkin berakhir, sehingga menaruh harapan yang utama pada pertolongan manusia yang ada didepan mata kita lebih menjadi pilihan kita. Namun disinilah ujiannya, sampai dimana pengharapan kita letakkan sungguh-sungguh dihadapan Tuhan. Mari kita selidiki hati, kepada siapa sebenarnya kita lebih menaruh harap. Berharaplah pada Tuhan saja, sebab hanya Ia yang mampu menolong secara tepat waktu. Ia juga yang menggerakkan dan memakai orang lain apabila Ia memang berkehendak memakainya sebagai perpanjangan tanganNya untuk menolong kita. Tuhan tidak akan menangguhkan pertolonganNya ketika kita hanya meletakkan harapan padaNya. "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan."(Yer 17:5).


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo