Ramah-Kasih-Mengampuni


Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

(Efesus 4:32)


Ada tiga sikap yang perlu digaris bawahi dalam firman ini yaitu RKM ramah, penuh kasih mesra, saling mengampuni. Tiga sikap yang mestinya menjadi bagian ciri orang percaya yang telah hidup baru di dalam Kristus yang harus terlihat oleh sekeliling kita. Ramah sering dimaknai sebagai sikap yang bersahabat, menyenangkan, peduli, membawa suka cita, suka menyapa orang lain. Kasih mesra adalah sikap mengasihi yang membawa damai. Sedangkan mengampuni adalah sikap yang tidak mendendam, mengingat, mengungkit-ungkit dan menghitung- hitung kesalahan orang lain.


Mudahkah itu dilakukan? Ternyata tidak selalu. Banyak orang kristen yang tidak ramah, banyak orang kristen yang tidak membawa damai, dan banyak juga orang kristen yang pendendam suka mengingat-ingat kesalahan orang sehingga begitu sulit mengampuni.


Mari lakukan mulai sekarang sapa sekeliling kita dengan ramah, salurkan kasih yang membawa damai, dan ampuni mereka yang bersalah kepada kita seperti yang telah Kristus lakukan kepada kita.


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts
Archive