Self Talk


Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya.

(Matius 1:24)


Tuhan memakai banyak cara untuk berbicara kepada manusia. Di dalam Alkitab, Tuhan berbicara kepada para tokoh Alkitab dengan perantara malaikat di dalam mimpi. Seperti ketika Tuhan menuntun Yusuf untuk melakukan apa saja yang perlu ia lakukan agar Yesus dapat berkarya di dunia.


Dalam konteks kita saat ini, Tuhan memakai banyak cara untuk menuntun kita dalam bertindak. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk melatih kepekaan mendengarkan suara Tuhan adalah dengan melakukan apa yang sering disebut dengan self talk. Percakapan di dalam diri sendiri yang biasanya hanya kitalah yang dapat mendengarnya. Karena percakapan itu ada dalam pikiran kita dan melibatkan hati kita.


Kita dapat melatih hal ini dengan seolah berdialog dengan Tuhan dalam pikiran kita sendiri. Kita bertanya kepada Tuhan apa pendapat-Nya, lalu mencoba mencari jawab melalui Firman yang kita baca dalam Alkitab atau renungan yang kita dengar dan baca. Kadang tidak semua pertanyaan mampu kita jawab, tapi justru itulah yang membuat percakapan dengan Tuhan terus berlangsung.


#TimVitjiGKJJoglo

Kategori
Recent Posts
Archive