SEMANGAT DAN PENGHARAPAN


Banyak orang memiliki semangat menggelora ketika memulai sebuah perjuangan, tetapi gagal di tengah jalan ketika tantangan terasa begitu berat, sementara tujuan masih jauh dari harapan. Banyak kegagalan bahkan terjadi pada saat-saat terakhir, ketika stamina perjuangan hampir habis, kelelahan memuncak, kekecewaan menghancurkan pengharapan, padahal sebenarnya keberhasilan hampir tercapai.

Banyak orang tahu bahwa Christophorus Colombus adalah pelaut Eropa yang berhasil menemukan benua Amerika. Keberhasilan itu tercatat dalam sejarah sebagai hal yang luar biasa. Orang juga mengenal cerita tentang “telur Colombus”, yang membedakan cara pandang dan berfikir Colombus yang praktis, lugas namun rasional. Namun tidak banyak orang yang pernah mendengar cerita sederhana tentang Colombus yang sebenarnya juga hampir saja menemui kegagalan, sebelum kemudian berhasil.


Konon, setelah sekian lama Colombus dan awak kapal berlayar, para anak buah kapal mengalami kekecewaan besar. Pada saat itu para ABK mengalami patah semangat yang luar biasa, dan merencanakan sebuah pem-berontakan di atas kapal. Ekspedisi Colombus untuk menemukan daratanpun nyaris gagal total, dan hampir dipaksa untuk kembali. Untunglah suatu pagi mereka menemukan patahan-patahan ranting daun yang berwarna hijau segar. Dalam pandangan dan penafsiran pelaut, penemuan ranting yang masih hijau dan segar menandakan bahwa tidak jauh dari situ terletak daratan.


Maka ditundalah pemberontakan ABK itu, dan mereka sedikit kembali memiliki pengharapan. Kapal dipacu terus ke depan, dan memang benar, tidak lama kemudian, seorang pelaut yang bertugas melihat jauh ke depan dari atas tiang kapal berteriak: “daratan, daratan !”…. Lalu terjadilah sejarah yang luar biasa: orang Eropa menemukan daratan Amerika.


Ketika kelelahan perjuangan menggejala, ketika semangat menjadi pudar, ketika pengharapan nyaris punah, secercah tanda-tanda adanya pantai dan pelabuhan dapat merubah keadaan. Seandainya saja ranting-ranting daun hijau segar itu tidak mereka lihat! Mungkin sejarah akan menjadi berbeda.


Apakah Anda juga masih memiliki semangat dan pengharapan yang tetap ketika masa pandemi Covid 19 ini telah berlangsung hampir setahun, “pelayaran dan penjelajahan kehidupan” telah begitu panjang, tantangan dan gelombang begitu besar dan melelahkan, dan pantai pengharapan belum terlihat? Teruslah maju ke depan! Tidak jauh lagi ada daratan. Jangan berhenti atau kembali dalam kegagalan.

Kategori
Recent Posts
Archive