Belajar Mengenal, Belajar Berelasi, Bertumbuh Bersama; Mungkinkah?


Dalam beberapa edisi binawarga sebenarnya kita telah berbicara mengenai keragaman gereja dan aliran-aliran kekristenan, meskipun patut disadari bahwa kadangkala penjelasan tersebut begitu umum dan belum memadai bila diperhadapkan dengan perjumpaan aliran gereja lain dalam hidup sehari-hari. Maka dari itu beberapa edisi binawarga mendatang akan memperkenalkan beberapa gereja yang sering kita jumpai. Penjelasan gereja-gereja tersebut mencakup pada sejarah singkat, kekhasan gereja (ibadah, pengajaran, dll), serta persebarannya di Indonesia. Untuk memudahkan pengelompokkan, penulis menggunakan dua penggolongan gereja Protestan secara tradisional yakni Gereja-gereja Arus Utama dan Gereja-gereja Pentakostal-Karismatik terlepas dari perkembangan saat ini bahwa muncul banyak perdebatan atas kedua penggolongan tersebut.


Gereja Arus Utama atau Gereja Main stream, adalah sebuah istilah dalam studi eklesiologi untuk menggolongkan gereja-gereja konvensional yang tetap setia pada tradisi reformasi mula-mula. Aliran-aliran gereja yang digolongkan sebagai gereja arus utama ialah lutheran (HKBP), calvinis/presbiterian (GKJ,GKI,GKP), dll. Gereja-gereja ini dikenal juga sebagai gereja tradisional yang bercirikan (secara fisik) pada penggunaan lagu-lagu himne dalam ibadah kemudian penekanan pada organisasi serta pengajaran dalam kehidupan gereja. Sesungguhnya tidak ada penjelasan baku untuk mendeskripsikan kata tersebut. Sebagian berpendapat dengan penjelasan penulis di atas, ada juga yang menganggap bahwa istilah tersebut soal jumlah pengikut yang lebih banyak di Indonesia.


Gereja Pentakostal-Karismatik, adalah sebuah istilah gereja yang muncul belakangan sebagai buah dari gerakan kebangkitan rohani di eropa dan amerika abad 19-20. Gereja-gereja ini menekankan buah karya Roh Kudus dalam pengajarannya, kesalehan pribadi, serta kehadiran mujizat dalam hidup sehari-hari. Di Indonesia, GPDI (Gereja Pantekosta di Indonesia) adalah gereja pentakosta tertua. Gereja lain yang masuk dalam golongan ini ialah GBI (Gereja Bethel Indonesia), Gereja Mawar Sharon, Gereja Tiberias, dan JPCC (Jakarta Praise Community Church).


Pada beberapa edisi mendatang kita akan mencoba berkenalan dengan gereja-gereja dari dua golongan tersebut. Kita akan berkenalan dengan GKI, GPIB, GPDI, GBI, dan JPCC.

Kategori
Recent Posts
Archive
E-mail
ALAMAT

Kompleks Taman Alfa Indah A/9

Joglo Jakarta Barat

Jakarta 11640

Tel.

(021) 584-2043

Fax.
SUBSCRIBE
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

© 2017 GKJ Joglo. Managed by Komisi Komunikasi GKJ Joglo